-->

7 Tempat Objek Wisata di Kepulauan Bangka Belitung Negeri Laskar Pelangi

Ada 7 Tempat Objek Wisata di Kepulauan Bangka Belitung Negeri Laskar Pelangi
7 Tempat Objek Wisata di Kepulauan Bangka Belitung Negeri Laskar Pelangi

Naranesia.tv – Berikut iniAda  7 Tempat Objek Wisata Di Kepulauan Bangka Belitung Negeri Laskar Pelangi.

Sebagai Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki tentunya memiliki tempat wisata yang identic dengan wisata alamnya, seperti pantai.

Ataupun destinasi di beberapa pulau kecil yang bisa dikunjungi serta memiliki keindahan pesona dari pulaunya.

Karena itulah dalam artikel ini, kita akan membahas 7 Tempat Objek Wisata Di Kepulauan Bangka Belitung Negeri Laskar Pelangi

Namun, sebelum itu, bersama kita simak berikut ini. Sobatnesia apa sudah mengenal Kepulauan Bangka Belitung ?

Kepulauan Bangka Belitung selain memiliki pulau Bangka dan pulau Belitung, juga memiliki ratusan pulau kecil.

Salah satu provinsi yang ada di Pulau Sumatera ini, terdapatnya 470 pulau yang telah bernama, kemudian memiliki 50 pulau yang berpenghuni.

Ada 7 Tempat Objek Wisata di Kepulauan Bangka Belitung Negeri Laskar Pelangi

Lebih lanjut, terdapat 7 Tempat Objek Wisata Di Kepulauan Bangka Belitung Negeri Laskar Pelangi,  yaitu :

1. Pantai Tanjung Tinggi

Lokasi pantai ini berada di Kecamatan Siljuk, Kabupaten Beli,Kepulauan Bangka Belitung. Terletak disebelah utara pulau Belitung jaraknya 37 km dari pusat Kota Tanjung Pandan.

Biaya masuk pantai ini dikenakan Rp. 10.000/ orang. Tanjung tinggi adalah patai yang diapit oleh dua semenanjung yaitu tanjung kelayang dan tanjung pendam.

Adapun nama tanjung tinggi diambbil dari kata tanjung yang atinya semenanjung dan tinggi yang artinya pantai yang memiliki bebatuan yang tinggi.

Pantai tanjung tinggi merupakan salah satu tempat wisata di Pulau Belitung. Keindahan pantai ini bagus tempatnya, nyaman dan santai dan menyenangkan.

Selain itu,pesona bumbu ini sangat indah alami, dengan pantainya biru dan pasir putih. Memiliki perairan jernih untuk snorkeling.

2. Pantai Matras

Pantai ini berada di Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungai Liat, di Sebelah Timur, Laut Pulau Bangka yang mempunyai jarak sekitar 40 km dari Pangkal Pinang atau 7 km dari Sungai Liat.

Pantai ini sangat indah dan tenang, harga tiket masuk pantai Matras ini Rp. 7.000 per orang, untuk jam operasional 06.00 – 15.00 wib.

Laut dengan air biru dilengkapi keindahan pasir putih yang membentang di pinggiran pantai kelebihannya seperti banyaknya pepohonan sekitar yang masih tumbuh dengan rindang.

Selain itu memiliki spot foto idaman.

3. Pantai Tanjung Kelayang

Untuk masuk ke Pantai Tanjung Kelayang cukup membayar Rp. 8.000/ orang. Lokasi berada di kecamatan Siljuk dan berjarak sekitar 27 kilometer dari Tanjung Pandan.

Tanjung Pandan adalah ibu kota Kabupaten Belitung. Pantai ini memiliki keindahan pasir putih.

Aktivitas pantai ini bisa melakukan penyewaan perahu untuk aktivitas air dan berlayar ke pulau lepas pantai.

Sebagai pantai yang menjadi latar produksi film “Laskar Pelangi’” pada tahun 2015 yang merupakan ciptaan Andrea Hirata.

Pantai ini juga memiliki sebaran batuan granit yang berumur 65 – 200 juta tahun yang lalu.

4. Pantai Parai Tinggi

Sebagai salah satu pantai yang memiliki keindahan dan ramai dikunjungi. Biaya masuk ke pantai ini Rp. 25.000 untuk biaya parker Rp. 5.000 – Rp. 10.000.

Pantai ini adalah satu objek wisata yang terletak di Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.

Tepatnya berada di Desa Sinar Baru yang kira – kira berjarak 30 kilometer di sebelah utara kota Pangkal Pinang.

Pantai ini memiliki pasir putih dengan batu granit besar, aktivitas memancing, bisa menaiki perahu dan bisa menyelam untuk melihat terumbu karang.

5. Pulau Batu Berlayar

Sebagai pulau memiliki dua batu granit utama yang berdiri vertikal setinggi ± 10 meter dan disekitarnya terdapat banyak batu – batu granit dengan formasi yang tidak kalah artistik.

Pulau ini terletak tidak jauh dari daratan utama pulau Belitung, masih berada di area pantai Tanjung Kelayang di sisi pantai sebelah barat.

Pulau ini berada di salah satu gugusan pulau di utara Pulau Belitung.

6. Pulau Lengkuas

Sebagai salah satu destinasi wisata di Kepulauan Bangka Belitung. Keberadaan pulau ini terletak di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Siljuk, Kabupaten Belitung.

Asal muasal nama Pulau Lengkuas berasal dari orang Belitung yang sulit mengucapkan bahasa Belanda, sehingga dipermudah dengan diubah menjadi Bahasa Inggris yaitu pulau lighthouse.

Namun, masih saja sulit diucapkan sehingga diplesetkan menjadi Pulau Lengkuas.

Keindahan pulau ini terlihat dengan pemandangan laut yang dilengkapi pasir putih dengan air biru yang jernih serta batu granit yang raksasa.

7. Pulau Leebong

Pulau ini juga salah satu objek wisata di negeri Laskar Pelangi, keindahan pulaunya menjadi salah minat wisatawan untuk berkunjung.

Lokasi pulau ini berada di Pegantungan, Badau, Kabupaten Bangka Belitung. Aktivitas yang bisa dilakukan dengan naik perahu, melakukan hunting, menikmati keindahan.

Selain itu, di pulau ini kalian bisa menemukan pemandangan hutan mangrove sepanjang sisi pelabuhan dengan kegiatan pantai terdiri dari rumah – rumah kayu dengan beratap daun khas suasana pulau.

Demikianlah, pembahasan ada 7 Tempat Objek Wisata Di Kepulauan Bangka Belitung Negeri Laskar Pelangi.

Semoga artikel di atas dapat menjadi sumber referensi Sobatnesia yang sedang berlibur di Bangka Belitung.

 Ikuti Naranesia.tv di Google News